Dukung Pemberantasan Korupsi

20Aug08

YANG menarik bagi saya dalam Pidato Kenegaraan Presiden Yudhoyono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2008), adalah Presiden tetap komit untuk memberantas korupsi. Langkah tegas Presiden dalam pemberantasan korupsi harus didukung seluruh elemen dan komponen bangsa. Korupsi telah menjadikan bangsa ini ada dalam krisis multidimensional yang berkepanjangan.

Presiden dalam pidatonya menegaskan tidak ada satu pun yang kebal hukum di Indonesia. Sejak awal saya telah menegaskan pemberantasan korupsi memiliki prioritas tinggi bagi embanan tugas pemerintah. Tak ada yang kebal hukum di negeri ini, termasuk juga penegak hukum. Kita bersyukur sikap tegas KPK yang telah berhasil mengungkap dan mengusut kasus-kasus tindak pidana yang merugikan keuangan negara.

Presiden juga meminta agar seluruh rakyat mendukung usaha mencapai Indonesia yang bersih dari korupsi. Yaitu dengan menyusun perundang-undangan maupun dengan pelaksanaan yang konsisten tanpa kompromi. Namun, Presiden menegaskan pentingnya pencegahan. Kita tidak bisa terus hanya memasukkan orang ke penjara karena korupsi. Keberhasilan pemberantasan korupsi justru harus juga dilihat dalam pencegahan perilaku korupsi.

Upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah harus didukung, semua pihak, termasuk masyarakat agar para koruptor jera dan takut melakukan korupsi. Saya juga mendukung agar para koruptor dibuat malu, di antaranya pemakaian seragam tersendiri bagi terdakwa korupsi bersama keluarganya, kalau perlu dikucilkan di masyarakat.

Auf a Jatmiko, Taman Yasmin, Kota Bogor Aufaja@plasa.com

Sumber: Media Indonesia, 20-08-2008

Advertisements


No Responses Yet to “Dukung Pemberantasan Korupsi”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: