ICW Minta Miranda Dicopot

21Aug08

Uang diterima Agus Condro dalam bentuktravel cheque BII

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Goeltom, harus segera dicopot jika hasil penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pengakuan mantan anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Agus Condro Prayitno, terbukti. “Pengakuan Agus Condro adalah tantangan KPK untuk membongkar adanya political buying dalam proses pemilihan anggota dewan gubernur,” kata Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Teten Masduki, Rabu (20/8).

Agus Condro yang kini berada di Komisi II DPR mengaku menerima uang sebesar Rp 500 juta. Bukan hanya dirinya, tetapi ada beberapa anggota dewan lainnya yang juga menerima uang dengan besaran yang sama. Agus di hadapan petugas KPK mengaku menerima dana sebesar Rp 500 juta pada dua pekan setelah pemilihan Miranda Goeltom sebagai deputi gubernur senior BI.

Sementara itu, Agus Condro Prayitno siap menyerahkan tiga aset kekayaan yang dimilikinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penerimaan uang Rp 500 juta dari Miranda Goeltom. Agus Condro, menyatakan iktikad untuk menyerahkan tiga aset kekayaannya sudah pernah dilakukan saat diri-nya diperiksa KPK pada 4 Juli 2008. Namun, saat itu ditolak KPK dan hanya diperintahkan agar tidak dijual.

Tiga aset kekayaan itu, yakni dua mobil mewah Hyundai Trajet Nopol B 1033 KB, Mercy C 100, dan sebuah apartemen di Jakarta senilai Rp 450 juta. “Saat itu, KPK mengembalikannya. Mereka mengatakan kepada saya agar barang jangan dijual karena sewaktu-waktu akan diminta KPK,” katanya. Ia mengatakan, saat ini ketiga aset yang dimilikinya masih utuh. Mobil Hyundai Trajet masih ada di rumahnya di Kelurahan Proyana-ngan, Kabupaten Batang, sedangkan mobil Merc C 100 masih tersimpan di Jakarta.

Saat pemilihan Deputi Senior Gubernur, Miranda Goeltom, diakuinya ada instruksi dan arahan dari pimpinan fraksi. Agus juga memastikan ada rekannya yang juga menerima uang suap tersebut. Penegasan Agus ini diungkapkannya usai dimintai klarifikasi”Fraksi PDIP, Rabu (20/8). “Yang bareng sama saya (menerima amplop berisi Rp 500 juta) ada empat orang kalau tak salah,” kata Agus. Mereka adalah William Tutuarima, dr A Budiningsih, Mathius Formes, dan Muhammad Iqbal. “Itu mungkin kloter pertama. Yang lain, saya tidak melihatnya.”

Uang diterimanya dalam bentuk travel cheque BII, yang ditaruh dalam amplop warna putih bertulis AT (singkatan Agus Tjondro). Amplop itu diberikan Dudhie Makmun Murod dan dibuka di ruangan Emir Moeis. Setelah dibuka, ternyata isinyasepuluh lembar, masing-masing cek senilai 50 juta. “Jumlahnya sepuluh. Punya Pak Dudhie (Murod) sepuluh. Yang lain jumlahnya juga sepuluh. Sama ya, sama-sama sepuluh,” cerita Agus.

Di tempat terpisah, Emir Moeis membantah kalau terlibat. Kalaupun ruangannya yang dipakai, menurut dia, karena ruangan itu adalah ruangan kerja kolektif dari anggota FPDIP di Komisi DC DPR. “Saya ketuanya, tapi semua orang boleh menggunakan ruangan itu,” ungkap Emir. Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, mengatakan, fraksinya akan mengecek kasus tersebut. “Saya akan memanggil anggota FPG di Komisi IX (sekarang Komisis XI) untuk memberikan penjelasan. Belum tentu Golkar ikut-ikut dalam kasus ini,” kata Priyo. Ia akan mengecek siapa-siapa yang waktu itu menjadi anggota Komisi IX dan sekarang masih aktif menjadi anggota dewan.

Ditegaskannya, isu suap itu terjadi pada periode DPR sebelumnya. Saat itu, ketua FPG adalah Muhammad Hatta dan ketua Komisi adalah Paskah Suzetta. “Mudah-mudahan, mereka tidak ikut-ikut dalam masalah itu. Sudah banyak palu godam terhadap kami,” ujarnya. Miranda ketika dikonfirmasi Republika mengenai kasus ini mengatakan bahwa dirinya tidak tahu-menahu soal kasus itu.”Sebaiknya tanyakan pada pihak-pihak yang memberi pernyataan,” ujarnya.

ant/aoe/dwo

Sumber: Republika, 21-08-2008

Advertisements


No Responses Yet to “ICW Minta Miranda Dicopot”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: