KPK Terus Periksa Korupsi Mantan Gubernur Jabar

21Aug08

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa 11 unit kendaraan berat bantuan Provinsi Jabar tahun anggaran 2003-2004 ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Pemeriksaan ini sebagai tindak lanjut dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar). Danny Setiawan. Dan ternyata, kasus ini juga menyeret nama pengusaha asal Depok, Yusuf Setyawan alias Holiong.

Kesebelas unit kendaraan yang diperiksa KPK tersebut adalah, empat buah truk sampah, dua buah mobil ambulans, dua buah mobil pemadam kebakaran, dua buah mobil alat giling jenis storm woii dan vibrate sakai, serta satu buah mobil tangga.

Dalam pemeriksaan tersebut KPK menurunkan satu tim pemeriksa yang terdiri atas 10 orang. Mereka mulai melakukan pemeriksaan sejak pukul 09.00-13.00 WB.

Di kesempatan itu, KPK melakukan cek fisik kendaraan berupa kelengkapan surat kendaraan yang dicocokkan dengan no polisi serta nomor rangka mesin. Pemeriksaan sendiri dilakukan KPK di halaman parkir Balai Kota Depok. Sebelumnya, KPK sudah melayangkan surat kepada Pemkot Depok pada Jumat (1S/8). Surat tersebut ber-isi pemberitahuan bahwa KPK akan melakukan pemeriksaan.

Kepala Sub Bagian Pengelolaan Aset Perlengkapan Bagian Perlengkapan Kota Depok Satibi mengatakan, KPK sudah tiga kali melakukan pemeriksaan dijajaran Pemkot Depok. “Saat ini sedang dilakukan pengecekan ke kepala SKPD karena alat tersebut sudah merupakan tanggung jawab dari masing-masing SKPD,” katanya kepada wartawan kemarin. Rabu (20/8).

SKPD yang dimaksud adalah Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH), Dinas Pekerjaan Umum (PU), serta Dinas Tata Kota dan Bangunan (Distakotbang).

Menurut Satibi, selain 10 orang petugas KPK, pemeriksaan tersebut juga dibantu satu petugas dari Badan Pengawas Daerah yang ikut memeriksa.

Sebelumnya, KPK juga telah melakukan pemeriksaan di rumah serta show room mobil milik Holiang pada 8 Agustus 2008 lalu. Tim penyidik KPK saat ini terus mengumpulkan alat bukti terkait kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran dan alat berat yang dilakukan Pemprov Jabar, tahun anggaran 2003-2004. Iskandar Haji Abdul Mutalib

Sumber: Jurnal Nasional, 21-08-2008

Advertisements


No Responses Yet to “KPK Terus Periksa Korupsi Mantan Gubernur Jabar”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: