UU Tipikor Dalam Darurat Sipil

21Aug08

Jakarta – Upaya Salim Alkadri menggugat ketentuan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), kandas. Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak permohonan yang diajukan terpidana kasus korupsi pengadaan obat-obatan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Ambon itu. Putusan penolakan itu diucapkan Ketua Sidang Hakim Konstitusi Harjono dalam persidangan terbuka untuk umum di MK, Jumat (15/8) pekan lalu.

NERACA

Majelis menilai kerugian yang dialami pemohon karena dihukum dengan pasa) 3 itu bukan merupakan persoalan konsntusionalitas norma yang menjadi kewenangan mahkamah. “Bahwa kerugian yang dialami oleh pemohon lebih merupakan persoalan penerapan norma dan bukan persoalan konsutusio-nalitas norma yang diuji,” tegas Harjono.

Dalam permohonannya, Salim memang mempersoalkan penggunaan pasal 3 yang digunakan oleh penuntut umum untuk menjeratnya. Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru ini menilai seharusnya tuntutan korupsi tak bisa dituduhkan kepadanya. Kala itu, lanjut Salim, terjadi keadaan darurat sehingga setiap aturan hukum bisa dikesampingkan. “Meminta MK menyatakan pasal 3 UU Tipikor bertentangan dengan UUD 1945 dan tak mempunyai kekuatan hukum mengikat di daerah Maluku sejak 1999 sampai 2003 sesuai dengan UU Darurat Sipil,” jelasnya saat membaca peutum permoho-nan yang telah diperbaiki.

Salim memang tak main-main dalam mengajukan pengujian. Dia pun mengutip Buku Prof Jimly Asshiddiqie yang berjudul Hukum Tata Negara Darurat. Buku tersebut menjelaskan Dalam keadaan demikian (keadaan darurat), yang haram menjadi halal, yang bukan hukum menjadi hukum, yaitu onrecht word recht. Sebaliknya yang semula haram menjadi halal, yang semula sah secara hukum menjadi tidak sah karena dalam keadaan yang luar biasa timbul hukum yang juga bersifat luar biasa atau abnormal recht in abnormal lijd.

Namun, MK punya pendapat sendiri. “Memang benar keadaan darurat memberikan keleluasaan kepada Pejabat Darurat Sipil uniuk bertindak menyimpang dari peraturan-peraturan yang berlaku dari keadaan normal,” ujar Hakim Konstitusi Arysad Sanusi saat membaca pendapat Mahkamah.

Arsyad menambahkan, keadaan darurat tetap tidak menghapus atau menghilangkan sifat melawan hukum tindak pidana korupsi yangboleh dilakukan oleh siapapun termasuk pejabat darurat sipil.

Arsyad mengakui keadaan darurat dapat menjadi alasan pembenar atau alasan pemaaf dalam proses peradilan pidana seperti dalam kasus yang dialami oleh pemohon. Tetapi, lanjutnya, penilaian itu merupakan kewenangan hakim peradilan umum untuk menilai dan mempertimbangkannya. “Dengan demikian, Mahkamah berpendapat bahwa tidak ada masalah konstitusionalitas norma dalam Pasal 3 UU Tipikor, meskipun diterapkan dalam Keadaan Darurat Sipil,” jelas Arsyad.

Salim terlihat pasrah menerima putusan ini. Namun, ia masih bisa mengeluarkan uneg-unegnya kepada wartawan. “Putusan ini tidak adil,” ujarnya usai persidangan.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan menyoroti kualitas putusan perkara korupsi pada pengadilan tingkat pertama dan banding yang dinilai lermh di mata masyarakat. ICW dan Komisi III berharap MA tidak hanya mengidentifikasi masalah tetapi juga mencari solusi.

Rupa-rupanya, Bagir masih merasa kurang puas atas perkembangan penanganan kasus korupsi, khususnya pada pengadilan tingkat pertama dan banding. Ketidakpuasan itu secara eksplisit diungkapkan Bagir ketika menyampaikan pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MA dengan jajaran pengadilan dari empat lingkungan pengadilan seluruh Indonesia, beberapa Waktu lalu.* rin-

Advertisements


No Responses Yet to “UU Tipikor Dalam Darurat Sipil”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: