Anthony Kembalikan Dana

11Sep08

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 1999-2004, Anthony Zeidra Abidin, mengembalikan uang Rp 500 juta yang ia terima dari Bank Indonesia atau BI. Uang itu ia kembalikan pada 29 Agustus 2008, sekitar satu minggu setelah Anthony bersaksi di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi. Bukti penyetoran uang itu ditunjukkan kepada majelis hakim Pengadilan Khusus Tipikor. Jakarta, saat persidangan perkara aliran dana BI atau Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia dengan terdakwa mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah. Rabu (10/9).

“Kami ingin menunjukkan bukti penyetoran uang Rp 500 juta oleh Anthony ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pak Hakim.” kata jaksa penuntut umum KMS Roni. Ketua Majelis Hakim Gusrizal menanyakan, “Ini untuk kasus siapa? Kasus Anthony atau Burhanuddin?” Roni menambahkan, bukti itu untuk kasus Burhanuddin. Rabu. Pengadilan Khusus Tipikor juga memeriksa dua saksiahli, Philipus M Hadjon (hukum administrasi negara) dan Ratna-wati Wijaya Prasojo (ahli yayasan). Keduanya adalah ahli untuk meringankan Burhanuddin.

Philipus mengatakan, perkara aliran dana BI adalah perbuatan kolegial yang dilakukan Dewan Gubernur BI. Keputusan itu cukup diselesaikan secara hukum administrasi negara.

KPK tebang pilih

Secara terpisah, penasihat hukum Anthony, Maqdir Ismail, menyebutkan, jaksa dari KPK menunjukkan sikap diskriminatif dan tebang pilih karena anggota DPR yang menerima uang BI lewat anggota DPR Hamka Yan-dhu, dipastikan juga mempunyai intensi atau niat menerima uang BI itu sesuai pembagian. Menurut Maqdir, jika anggota DPR tidak mempunyai niat, tentu mereka menolak pemberian dana BI yang diserahkan melalui Hamka itu. Meski beberapa anggota DPR akhirnya mengembalikan dana itu ke KPK. namun setelah lima tahun, perbuatannya tidak berbeda dengan Anthony. (VIN)

Sumber: Kompas, 11-09-2008

Advertisements


2 Responses to “Anthony Kembalikan Dana”

  1. 1 doni

    Bos salah foto tu.


  1. 1 Anthony Zeidra Abidin Memang Terima 500 Juta « Masyarakat Melawan Politikus Busuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: